6 Hal Seputar Money Management Trading



Money Management merupakan konsep pengaturan keuangan yang sangat cocok, akurat dan efisien dalam pengelolaan investasi. Berbagai metode Money Management di bawah ini jika digunakan dalam live trading maka diperlukan pertimbangan yang akurat. Berapa modal yang anda cadangkan, berapa penambahan posisi yang diperlukan dan sampai sejauh mana anda dapat mengikuti pergerakan pasar.

Ada 6 hal yang perlu diperhatikan seputar Money Management dalam trading agar anda bisa menghasilkan profit yang maksimal, seperti:

1. Atur Risiko Setiap Transaksi
Pengaturan risiko dapat dilakukan melalui mekanisme Stop Loss 

2. Selalu Gunakan Stop Loss
Mekanisme penggunaan Stop Loss:
  • Posisi Stop Loss menyesuaikan dengan time frame yang anda pakai. Semakin besar time frame yang anda pakai maka semakin besar stop loss yang anda pasang
  • Interval Stop Loss minimal adalah sebesar nilai risiko per transaksi yang telah anda tentukan sebelumnya
  • Jangan mengubah nilai Stop Loss dengan alasan apapun, sekalipun pergerakan harga mendekati nilai Stop Loss
3. Never Over Trade
Bertransaksi dengan 1 lot lebih menguntungkan dibandingkan 2 lot. Penggunaan 1 lot memungkinkan anda untuk dapat melakukan reposisi, hedging dan tindakan pencegahan lainnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap transaksi membutuhkan margin deposit dan setiap margin akan mengambil sebagian equity. Bijaksanalah dalam menggunakan margin, jangan sampai anda melakukan transaksi beberapa posisi sekaligus (overtrading), karena hal tersebut akan sangat membahayakan modal.
4. Never Let a Profit Run Into a Loss
Gunakan trailing stop untuk mengamankan posisi anda, jangan sampai keuntungan yang ada di depan mata berubah menjadi kerugian. 

5. Cut Your Losses
Anda yang menggunakan mental Stop Loss segeralah keluar dari posisi bila telah mencapai risiko yang anda pikirkan terjadi. Jangan berharap chart akan berbalik ke arah yang anda inginkan dan mengembalikan kerugian yang telah timbul.

6. Always Go With The Trend
Dalam mengambil keputusan untuk masuk posisi, pastikan posisi anda sesuai / sejalan dengan trend yang sedang terjadi dan jangan melawan trend pergerakan pasar.

Selain hal tersebut diatas anda juga perlu metode diluar  Money Management untuk membantu analisa pemilihan mana trend searah dan mana yang bukan, agar metode-metode tersebut dapat diaplikasikan sesuai dengan keunggulannya masing-masing.













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membaca Peluang BUY, SELL atau PASS hanya Dalam 5 DETIK

Mengenal 3 Jenis Trend

7 Tips Sukses Trading Forex